Begini Cara Memindahkan Data dari Blogdetik ke WordPress

7 Nov 2017

backup-blogdetik

To the point aja ya, dari pada kelamaan basa basi, nanti malah jadi sedih karena mendengar kabar, tepatnya dapat email dari Blogdetik semalam (6 November 2017). Bahwa pengguna blogdetik diminta untuk mem-backup semua postingannya ke platform lain. Dikarenakan blogdetik akan melakukan maintenaince besar-besaran yang mungkin akan berakibat sangat fatal, yaitu data-data akan hilang.Buat saya Blogdetik itu adalah sahabat, dari menerima email itu, saya nggak bisa tidur. Semua postingan di blogdetik itu bernilai sejarah buat saya pribadi. Blogdetik itu adalah benar-benar buku harian, tempat saya menulis semua apa yang ingin saya tulis tanpa beban (tadinya) tapi semenjak negara api mulai menyerang, blogdetikku berubah. Sejak blogdetik melakukan perubahan beberapa tahun lalu, saya mulai nggak nyaman di blogdetik, karena nggak user friendly. Perlahan tapi pasti, yang tadinya postingan sebulan minimal 4 kali, sekarang, 4 bulan baru sekali posting di blogdetik. Ah, ini sedih….

Sampai menerima email..

So, ini cara saya memindahkan postingan blogdetik ke platform wordpress yang sudah di-share oleh adminnya, Mas Gajah Pesing. Buat teman-teman yang mungkin belum paham bagaimana caranya, simak baik-baik ya. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut silahkan join untuk sementara waktu di grup whatsapp, perihal backup blogdetik ini. Backup data ini akan kita pindahkan ke wordpress. Karena dahulunya, blogdetik itu platformnya juga wordpress. Jadi saya memilih untuk memindahkan dari http://margeraye.blogdetik.com ke akun http://margeraye.wordpress.com saja.

Temen-temen yang mau tanya soal backup blogdetik, silakan invite/join menggunakan link ini: https://chat.whatsapp.com/HEIZyDjqSzqIDIlbgd4ffP

Pertama, masuk ke dashboard Blogdetik, pilih Export > pilih postingan atau semua konten.

Blogdetik-ke-wordpress1 Setelah itu akan menerima file XLM yang akan dikirimkan melalui email yang digunakan saat mendaftar di blogdetik. Blogdetik-ke-wordpress2 Lalu unduh file expor, simpan file di folder (bebas ini mau ditaruh dimana saja) Setelah itu buka akun wordpress dan klik Situs Saya > Pilih pengaturan > klik import (impor konten dari situs wordpress atau medium lain) > Blogdetik-ke-wordpress3 Akan muncul pilihan seperti berikut, pilih wordpress atau medium, jika tidak bisa, klik pada Pengimpor Lainnya! dan pilih Wordpress. Blogdetik-ke-wordpress5 Selanjutnya. Blogdetik-ke-wordpress4 Setelah diklik, akan muncul pilihan untuk upload file XML yang sudah disimpan tadi. klik Browse dan impor data. Setelah itu muncul seperti ini. Dan kita tinggal menunggu proses pemindahan data-data dari Blodetik ke Wordpress. Blogdetik-ke-wordpress Jika masih tidak berhasil, silahkan join ke grup whatsapp tadi ya, kita sharing bareng bagaimana caranya agar postingan di blogdetik kita menjadi aman.


TAGS Blogdetik wordpress


-

Author

Melly Feyadin
melly_feyadin@yahoo.com

Blogger || Bogor || Lampung || #DetikBlogger || Instagram/Twitter >> @melfeyadin www.melfeyadin.web.id

Follow Me

Search

Postingan