Pipi Merah dan Fenomena Gerhana di Indonesia

17 Feb 2016

Image dr @detikcom

Beberapa bulan terakhir berita tentang akan terjadinya Gerhana Matahari Total yang akan melintasi sebagian wilayah Indonesia menjadi trending topik dan dibicarakan banyak orang. Salah satu teman yang suka nge blog ada yang mengajak saya untuk melakukan traveling ke salah satu wilayah yang dilewati GMT tahun ini pada tanggal 9 Maret 2016 nanti, di daerah Belitung sana yang sudah terkenal dengan keindahan alamnya dari sebuah film Laskar Pelangi. Tapi karena waktu itu saya sudah punya rencana untuk pulang Kampung, trip itu saya tolak, kebetulan budget juga nggak mencukupi. Tapi ngomongin fenomena Gerhana Matahari, saya jadi inget sinetron jaman saya masih kecil.

Anak tahun 90an pasti masih ingat banget sama salah satu sinetron Indonesia yang tayang sekitar akhir tahun 90 ini, cerita sinetron yang terinspirasi dari fenomena alam Gerhana ini seperti menjadi tontonan wajib bagi anak-anak jaman itu (termasuk saya), karena merupakan salah satu sinetron superhero yang paling ditunggu-tunggu dan menjadi legenda bagi anak tahun 90an saat ini.

Sinetron yang tayang seminggu sekali berjudul Gerhana itu dulunya sangat fenomenal sekali, yang akhirnya membuat artis Peggy Melati Sukma dengan kata ‘Pusiiing’nya itu menjadi terkenal, dan mematenkan kata tersebut sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Sinetron ini sepertinya memang tidak ada hubungannya dengan fenomena Gerhana Matahari di Indonesia, karena diceritakan tokoh utama yang bernama Gerhana yang terlahir sebagai bayi ajaib yang mempunyai kekuatan super untuk menolong orang itu, lahir saat terjadinya Gerhana Bulan di malam hari.

Sedangkan Gerhana Matahari itu terjadinya siang hari, dimana posisi matahari akan tertutupi oleh bulan yang tepat berada tepat diatas bumi atau di antara Matahari dan Bumi. Sehingga sinar Matahari yang menerangi bumi akan terhalangi oleh bulan. Yang membuat sebagian wilayah yang dilewati fenomena ini akan gelap beberapa  menit.

Gif image dr Wikipedia

Seperti yang sudah diberitakan, sebagian Indonesia tahun ini berkesempatan untuk melihat langsung fenomena alam yang sudah ditunggu-tunggu banyak orang. Nggak hanya orang Indonesia aja, tapi ternyata, warga dari negara lainpun sudah berbondong-bondong memesan tiket pesawat dan hotel untuk melakukan wisata gerhana mengunjungi Indonesia dan menyaksikan langsung fenomena Gerhana Matahati Total yang pertama kalinya terjadi di abad 21 ini. Kemenpar sendiri sudah menyiapkan wisata gerhana di beberapa titik untuk menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk datang ke Indonesia melihat Gerhana Matahari.
Nah, jalur yang dilewati Gerhana Matahari Total ini akan terjadi dibeberapa daerah propinsi di Indonesia, meliputi sebagian area, seperti Palembang, Belitung, Lubuk Linggau, Manggar, Tanjung Pandan, Toboali, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Palu, Poso, Ternate, Tidore, Sofifi, Jailolo, Kao, Koba dan Maba.

Terakhir yang saya ingat, Gerhana Matahari terjadi di Indonesia itu tahun 1995, saat itu saya masih SD kelas 4. Ingatan itu nggak terlalu jelas, karena anak-anak dilarang untuk melihat langsung, karena katanya radiasi yang terpancar dari Gerhana Matahari ini tidak bagus untuk mata, dikhawatirkan akan merusak mata, fatalnya mungkin bisa menyebabkan kebutaan. Tapi, ada kegiatan yang masih saya ingat saat terjadinya gerhana ini, selain kami tidak boleh keluar, kebiasaan orang tua di kampung saya saat itu adalah menabuh pohon-pohon (memukul-mukul pohon). Mitosnya bertujuan agar Matahari tidak kalah oleh sinar bulan, karena jika kalah, bumi akan selamanya gelap seperti malam. Tapi itu ternyata cuma mitos, karena dari penelitian gerhana ini hanya siklus alam yang hanya terjadi tidak lebih dari 8 menit dan tidak semuanya dapat melihat fenomena alam yang langka ini.

Karena kelangkaan ini, orang-orang jadi penasaran, seperti apa fenomena gerhana matahari. Saya jadi ingat cerita tentang teman masa kecil saya dulu. Dia dilahirkan beberapa bulan setelah munculnya gerhana Matahari di tahun 1983. Teman saya ini punya sebagian pipi berwarna merah darah disebelah kiri. Warna pipi merahnya itu sudah ada sejak dia lahir (bawaan lahir). Warna merah di pipinya yang tidak bisa hilang sampai sekarang itu memunculkan banyak gunjingan dan mitos orang-orang terdahulu. Pasalnya, si ibu teman saya ini tidak mengindahkan larangan orang-orang untuk melihat gerhana matahari waktu sedang hamil. Warna merah itu dianggap kutukan dan akibat si ibu tidak mendengarkan larangan yang sudah diperingatkan oleh Pemerintah Indonesia saat itu, saat Gerhana Matahari di tahun 1983 yang akhirnya larangan itu diingat terus oleh warga hingga gerhana matahari muncul kembali di tahun-tahun berikutnya.

Foto dari sini http://news.detik.com/read/2016/02/10/135101/3138554/10/turis-gerhana-membeludak-hotel-di-bangka-belitung-penuh

Dan tahun ini, semoga pemerintah Indonesia tak membuat peringatkan serupa, yang melarang warganya menyaksikan Gerhana Matahari, karena saya berharap, saya bisa melihat, menyaksikan langsung fenomena alam yang entah kapan terjadi lagi, kalau umur panjang mungkin masih punya kesempatan, tapi bagaimana jika umur tak sampai hingga GMT muncul lagi di Indonesia? Semoga Detikcom memilih saya salah satu orang yang berangkat menyaksikan gerhana matahari menjadi laskar gerhana detikcom.

 

Referensi :

http://www.detik.com/gerhanamatahari2016/

http://news.detik.com/berita/3125304/istimewanya-gerhana-matahari-1983

http://news.detik.com/berita/3123870/gerhana-matahari-total-1983-fenomena-alam-yang-istimewa-namun-dianggap-bahaya

https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_Matahari_9_Maret_2016

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gerhana_matahari

http://news.detik.com/berita/3133265/menpar-targetkan-100-ribu-wisman-saksikan-gerhana-matahari-total-di-indonesia

http://news.detik.com/read/2016/02/02/112935/3132665/1655/selama-115-tahun-cuma-9-kali-gerhana-matahari-total-di-indonesia


TAGS Laskar Gerhana Detikcom Gerhana Matahari


-

Author

Melly Feyadin
melly_feyadin@yahoo.com

Blogger || Bogor || Lampung || #DetikBlogger || Instagram/Twitter >> @melfeyadin www.melfeyadin.web.id

Follow Me

Search

Postingan