Bogor Dengan Potensi Desa Wisata

16 Feb 2015

Situs-Batu-Kujang

Situs Batu Kujang. Ft:kalangsunda.net

Tinggal di Bogor yang identik dengan kota hujan, terbayang di dalam benak saya dulu waktu pertama kali datang, bahwa kota ini akan selalu terasa sejuk, menenangkan seperti di dalam Kebun Raya Bogor, menentramakan seperti suara rintik hujan. Namun kenyataannya, hiruk pikuk suara deru mobil yang memekakkan telinga tak bisa kita hindari, karena kota inipun dijuluki sebagai kota angkot. Tahun ke tahun dengan kemajuan jaman dan perubahan iklim yang begitu ekstrim, Bogor perlahan-lahan berubah. Menjadi kota yang hampir sama seperti ibukota Jakarta, macet dan panaspun menjadi terbiasa. Kesemrawutan pengendara yang tak saling mengalahpun membuat kota ini seakan lelah.

Tapi, percayalah.. Bogor tak hanya kota dengan riuhnya suara klakson mobil, Bogor tak hanya menyuguhkan hujan dengan petirnya, Bogor juga tak hanya menampilkan kerindangan Kebun Raya dengan pohon-pohon besarnya, serta pemandangan hamparan kebun Teh di Puncak sana. Bogor-pun tak hanya wisata kulinernya yang selalu membuat kita lapar dimana saja.

Bogor, punya kabupaten yang luas dengan potensi Desa Wisata-nya, jika kita lelah dengan keramaian kota dengan kesombongan orang-orang di dalamnya, kita bisa mendatangi desa-desa wisata ini, untuk belajar mengenal kearifan budaya daerah. Mengenal situs-situs sejarah dahulu kala, mengenal alam yang diciptakan indah untuk kita nikmati dan kita jaga.

Sebagian orang mungkin tak banyak mengetahui dan peduli dengan potensi ini, termasuk saya. Sebagian orang juga mungkin hanya mengenal curug-curug (air terjun) nya saja, yang keindahannya sudah terkenal di seantereo Nusantara.

Atau mungkin, hanya saya saja yang tak banyak tahu tentang desa wisata ini? Entahlah…

Baiklah.. sebagai referensi untuk saya kunjungi suatu hari nanti, dari berbagai sumber, saya akan menguraikannya sedikit. Beberapa Desa Wisata yang terdapat situs sejarah, yang sudah dipetakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bogor untuk di optimalkan menjadi objek Desa Wisata Bogor.

Situs Megalitikum Cibalay Tenjolaya

Situs peninggalan jaman prasejarah yang sering disebut juga dengan situs Salaka Domas Tenjolaya ini ditemukan pada tahun 1989. Diyakini masih berhubungan dengan Situs Gunung Padang di Cianjur sana. Berada di kaki gunung Salak, di Kp. Cibalay Ds Tapos1 , Tenjolaya, Bogor. Sayangnya belum banyak artikel tentang penelitian Situs ini yang bisa dapat saya baca. Di Tenjolaya ini juga terdapat Situs Batu yang menyerupai Kujang.

situs tenjolaya

Situs Cibalay. Ft :pikiran-rakyat.com

Situs Taman Sri Baginda Jalatunda, Sindang Barang

Berada di Desa Pasir Eurih, Sindang Barang, Bogor. Situs yang berupa sumur mata air suci ini sudah diresmikan menjadi salah satu cagar budaya oleh disbudpar pada tahun 2010. Dulunya tempat ini diyakini sebagai tempat penting bagi kerajaan kasepuhan Sunda, sebagai tempat bersemedi pada jaman kepercayaan Sunda sebelum masuknya Islam ke tanah Sunda. Selain situs ini, di Sindang Barang ini terdapat berbagai macam kesenian budaya daerah Sunda.

situs purbakala di sindang barang

Situs Taman Sri Baginda Jalatunda. Ft :Indonesiakaya.com

Situs Jerman dan Curug Panjang Desa Mega Mendung

Dinamakan Situs Jerman, karena ditempat ini terdapat makam sebagian tentara Jerman yang gugur pada masa Perang Dunia II. Makam ini sering didatangi wisatawan lokal dan asing terutama warga Jerman setiap tahunnya. Berada di Desa Sukaresmi, Mega Mendung, Bogor. Tempat ini agak tertutup jauh dibawah lereng gunung Pangrango. Selain Situs Jerman, di Mega Mendung juga terdapat Curug Panjang, adanya di Desa Citamin-Paseban, di lereng gunung Paseban, Mega Mendung.

situs jerman

Situs Makam Jerman. Ft:detiktravel

Prasasti Kebon Kopi Ciaruteun

Prasasti yang menuliskan tentang keagungan penguasa kerajaan Tarumanegara, yang berada di Desa Ciaruteun, Cibungbulang, Bogor ini, dipahatkan di sebuah batu berukuran besar dengan gambar tapak kaki Gajah. Prasasti ini ditemukan pada awal abad-20. Selain Prasasti Kebon Kopi, di Desa Ciaruteun ini juga terdapat prasasti lainnya, antara lain, prasasti Kebon Kopi I & II, Prasasti Ciaruteun dan prasasti Muara Cianten. Beberapa pemukiman purba dan menhir juga ada di Desa ini.

Prasasti Kebon kopi

Prasasti Kebon Kopi. Ft:wikipedia

Pura Parahyangan Jagatkarta Ciapus

Tempat ini diperkirakan merupakan tempat yang mempunyai nilai sejarah, yang dikonon dipercaya sebagai lokasi berdirinya Kerajaan Pakuan Padjajaran (kerajaan Hindu terakhir di Nusantara) dibawah pemerintahan Prabu Siliwangi.

Kerajaan Padjajaran yang termasyur ini akhirnya ditaklukan oleh Kesultanan Banten pada masa itu. Namun, Bogor masih menyimpan banyak peninggalan jejak Sejarah Padjajaran ini, salah satunya Prasasti Batu Tulis.
Bogorpun mengabadikan nama kerajaan ini dengan menjadikannya nama jalan, (Jalan Padjajaran), nama hotel (Padjarajan Suite Resort and Convention Hotel). Hotel dengan fasilitas lengkap ini tidak berada jauh dari Kebun Raya Bogor. Dari catatan sejarah, Kebun Raya ini dulunya adalah hutan lindung dan dipakai sebagai Taman Perburuan oleh keluarga Kerajaan Padjajaran.

pura hindu bogor

Pura Parahyangan. Ft:wikipedia

hotel padjajaran

Padjajaran suite resort and convention hotel. Ft:pegipegi.com

kebun raya bogor

Kebun Raya Bogor. Ft:metronews.com

Selain tempat-tempat diatas, masih banyak Desa Wisata Bogor lainnya. Yang mengangkat nilai seni budaya, kerajinan tangan, keindahan alam, agrowisata dan tradisi warganya. Yang paling dekat, mungkin saya akan mengunjungi Setu Cikaret, yang ada di Desa Harapan Jaya, kecamatan Cibinong.

Sumber foto dan artikel:

:http://heibogor.com/detail/8948/disbudpar-petakan-24-wilayah-desa-wisata
:http://www.pikiran-rakyat.com/node/174805
:http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/situs-taman-sri-baginda-jalatunda-tempat-semedi-para-leluhur
:https://srimpet.wordpress.com/2011/09/24/potensi-daya-tarik-wisata-kabupaten-bogor/
:http://travel.detik.com/read/2013/01/10/191346/2138944/1383/kisah-makam-nazi-jerman-di-megamendung
:http://budayabogor.tripod.com/sejarah-bogor.html
:Wikipedia.com


TAGS desa wisata di bogor wisata sejarah bogor Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel hotel dekat kebun raya wisata bogor liburan bogor tempat seru di tempat bersejarah di bogor dari bogor ke jakarta dari jakarta ke bogor


-

Author

Melly Feyadin
melly_feyadin@yahoo.com

Blogger || Bogor || Lampung || #DetikBlogger || Instagram/Twitter >> @melfeyadin www.melfeyadin.web.id

Follow Me

Search

Postingan